CONTOH SILABUS
SILABUS
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/I (Ganjil)
Aspek :
Al-Qur’an
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
1.
Membaca surat-surat al-qur’an
|
1.1
membaca qs al-fatihah dengan
lancer
1.1 membaca qs al-ikhlas dengan lancar
|
Surat al-fatihah
Surat al-iklas
|
Membaca, mengartikan, memahami
dan menyalin surat al-qur’an
Membaca, mengartikan dan menyalin surat al-ikhlas
|
·
Melafalkan kata dan kalimat (surat
al-fatihah dengan kharakat damakhraj yang benar
·
Mengartikan ayat surat al-fatihah
dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat al-fatihah
·
Menerapkan hokum tajwid ( alif lam
dan izhar)
·
Menulis ayat-ayat surat
al-fatihahdengan benar
·
Melafalkan kata dan kalimat dengan
harakat yang benar
·
Mengartikan ayat surat al-ikhlas
dengan tepat dan mengetahui isi poko surat al-iklas
·
Menerapkan hokum tajwid
(Qalqalah dan idgham)
·
Menulis ayat-ayat surat al-iklas
dengan benar
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
terbatas
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas
individu dan kelompok
Instrument:
Lembaran
pengamatan
|
17x3 jam=51 jam pel. (1 smt)
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Kaset/CD
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/I (Ganjil)
Aspek :
Al-Qur’an
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
2.
Mengenal sifat jaiz allah SWT
|
2.1
Menyebut sifat jaiz bagi Allah SWT
2.2
Mengertikan sifat jaiz bagi Allah
SWT
|
Sifat jaiz bagi Allah SWT
Sifat jaiz bagi Allah SWT
|
Mengenal dan memahami sifat jaiz bagi allah SWT melalui
penjelasan dan diskusi
memahami arti sifat jaiz bagi allah SWT
|
·
Menjelaskan sifat jaiz bagi allah
SWT
·
Membedakan sifat jaiz dan mustahil
bagi allah swt
·
Membedakan sifat jaiz dan wajib
bagi allah SWT
·
Menjelaskan arti sifat jaiz bagi
Allah SWT
·
Menghafal arti sifat jaiz bagi
Allah SWT.
·
Menunjukan contoh sifat jaiz bagi
Allah SWT.
|
Jenis
tes :
a. Tertulis
(pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
terbatas
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas
individu
Instrument:
Hapalan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/I (Ganjil)
Aspek :
Tarikh
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
3.
Mencerikan kisah nabi
|
3.1
Kisah nabi adam As
3.2
mencerikan kisah kelahiran nabi Muhammad SAW
3.3 menceritakan prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW
|
Kisah nabi adam As
Kisah kelahiran nabi Muhammad Saw
Kisah prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
|
Membaca, mengartikan, memahami
dan menyalin surat al-qur’an.
Menceritakan kisah kelahiran nabi Muhammad saw
Menceritakan kisah prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
|
·
Menjelaskan kisah kejadian nabi
adam As
·
Menjelaskan nabi adam as sebagai
manusia dan nabi pertama
·
Menyebutkan sifat-sifat yang
dimiliki nabi adam as
·
Menjelaskan peristiwa yang terjadi
pada masa kelahiran nabi Muhammad SAW
·
Menjelaskan keadaan nabi Muhammad
saw waktu lahir
·
Menunjukan nasab/keturunan nabi
Muhammad saw
·
Menjelaskan kisah prilaku masa
kanak-kanak nabi Muhammad saw
·
Menjelaskan sifat-sifat yang
dimiliki nabi Muhammad saw
·
Menunjukan contoh sikap yang
dimiliki nabi Muhammad saw
|
Jenis
tes :
a. Tertulis
(pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
terbatas
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas
individu/ kelompok
Instrument:
pengamatan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Peta
·
Kaset/CD
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/I (Ganjil)
Aspek :
Tarikh
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
4.
Membiasakan prilaku terpuji
|
4.1
Meneladani prilaku taubatnya nabi adam As
4.2 meneladani prilaku
masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW
|
Keteladanan taubatnya nabi
adam As
Keteladanan prilaku masa
kanak-kanak nabi Muhammad saw
|
Meneladani taubatnya nabi
adam As
Meneladani masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
|
·
Menjelaskan kehidupan nabi adam As
ketika di surga
·
Menjelaskan sebab nabi adam as di
keluarkan alla swt dari surga
·
Menyebutkan pengertian taubat
·
Meneladani prilaku taubatnya nabi adam As
·
Menjelaskan prilaku masa
kanak-kanak nabi Muhammad saw
·
Menyebutkan sifat-sifat nabi
Muhammad saw
·
Meneladani sifat rajin, tabah,
kesabaran dan kejujuran nabi Muhammad saw
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
singkat
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Pembiasaan
Instrument:
pengamatan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Peta
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/I (Ganjil)
Aspek :
fiqih
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran
pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
5.
Mengenal ketentuan-ketentuan
sholat
|
5.1
Menyebut rukun shalat
5.2 menyebutkan sunnah shalat
|
Rukun shalat
sunnah shalat
|
·
Menyebutkan rukun shalat
·
Penjelasan urutan shalat
·
Menyebutkan sunnah shalat
·
Menguraikan perbedaan sunnah fi’li
dan sunnah qouli
·
Menjelaskan perbedaan antara rukun
shalat dengan sunnah shalat
|
·
Menjelaskan pengertian rukun
shalat
·
Menyebutkan jumlah
·
Menunjukan hal-hal yang termasuk
rukun shalat
·
Menyebutkan sunnah shalat
·
Menjelaskan sunnah fi’li dan qouli
·
Membedakan antara rukun dan sunnah
shalat
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
singkat
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Pembiasaan
Instrument:
pengamatan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Kaset
·
VCD
·
Peralatan shalat
·
gambar
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/I (Ganjil)
Aspek :
fiqih
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
5.Mengenal
ketentuan-ketentuan sholat
|
5.3
Menyebut syarat sah dan syarat
wajib shalat
5.4 menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
|
syarat sah dan syarat wajib shalat
hal-hal yang membatalkan shalat
|
·
Menyebutkan syarat sah dan syarat
wajib shalat
·
Menghafal syarat sah dan syarat
wajib shalat
·
Menjelaskan perbedaan syarat sah
dan syarat wajib shalat
·
Menyebutkan hal-hal yang
membatalkan shalat
·
Menguraikan tentang batalnya
shalat
|
·
Menjelaskan pengertian syarat sah
dan syarat wajib shalat
·
Menyebutkan syarat sah dan syarat
wajib shalat
·
Membedakan syarat sah dan syarat
wajib shalat
·
Menghafal syarat sah dan syarat
wajib shalat
·
Menyebutkan hal-hal yang
membatalkan shalat
·
Menunjukan contoh shalat yang
batal
·
Menjelaskan cara melakukan shalat
apabila batal
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
terbatas
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas
individu/ kelompok
Instrument:
Lembar
pengamatan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Kaset
·
VCD
·
Peralatan shalat
·
gambar
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/II (Genap)
Aspek :
AL-QUR’AN
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
6.
Membaca surat-surat al-qur’an
|
6.1
membaca qs al-kautsar dengan
lancar
6.2 membaca qs al-anNashr dengan lancar
|
Surat al- kautsar
Surat an Nashr
|
Membaca, mengartikan, memahami
dan menyalin surat al-kautsar
Membaca, mengartikan dan menyalin surat an Nashr
|
·
Melafalkan surat al-kautsar dengan
kharakat dan makhraj yang benar
·
Mengahafalkan surat al-kautsar
berikut artinya
·
Mengetahui isi kandungan surat
al-kautsar
·
Menerapkan hokum tajwid pada
bacaan surat al-kautsar
·
Menyalin ayat surat al-kautsar
·
Melafalkan kata dan kalimat dengan
harakat yang benar
·
Mengetahui isi pokok surat an
Nashr
·
Mengsrtikan ayat surat an Nashr
·
Menerapkan hokum tajwid
·
Menyalin ayat surat an Nashr
|
Jenis
tes :
a. Tertulis
(pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
singkat
b.
Lisan/perbuatan
Bermain peran
Bentuk :
Tugas
individu
Instrument:
pengamatan
|
17x3 jam=51 jam pel. (1 smt)
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Kaset
·
VCD
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/II (Genap)
Aspek :
AL-QUR’AN
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
6.Membaca
surat-surat al-qur’an
|
6.3
membaca qs al-ashr dengan lancar
|
Surat al-ashr
|
Membaca, mengartikan, memahami
dan menyalin surat al-ashr
|
·
Melafalkan surat al-ashr dengan
kharakat dan makhraj yang benar
·
Mengahafalkan kata dan kalimat
surat al-ashr berikut artinya
·
Mengartikan ayat surat al-ashr
·
Menerapkan hokum tajwid pada
bacaan surat al-ashr
·
Menyalin kata dan kalimat surat
al-ashr
|
|
|
|
Nama sekolah :
SD Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/II (Genap)
Aspek :
AQIDAH
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran
pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
7.
Mengenal malaikat dan tugasnya
|
7.1
Menjelaskan pengertian malaikat
7.2 menyebutkan nama-nama malaikat
7.3 menyebutkan tuga-tugas malaikat
|
Iman kepada malaikat
Nama-nama malaikat
Tugas-tugas malaikat
|
Penjelasan pengertian malaikat
Menyebutkan nama-nama malaikat
Penjelasan tugas-tugas malaikat
|
·
Menjelaskan pengertian malaikat
·
Menceritakan tentang kejadian
malaikat
·
Menyebutkan sifat malaikat
·
Menyebutkan hikmah beriman kepada
malaikat
·
Menyebut 10 nama malaikat
·
Menghafal 10 nama malaikat
·
Menjelaskan tugas-tugas malaikat
·
Menjelaskan tugas masing-masing 10
malaikat
·
Menghafal tugas masing-masing
malaikat
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
singkat
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas
individu/ kelompok
Instrument:
Hafalan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/II (Genap)
Aspek :
AQIDAH
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
8.
Menceritakan kisah nabi
|
8.1
Menceritakan kisah nabi Ibrahim as
8.2
menceritakan kisah nabi ismail as
|
kisah nabi Ibrahim as
Kisah nabi ismail as
|
Menceritakan kisah nabi Ibrahim as
Menceritakan kisah nabi ismail as
|
·
Menjelaskan kisah nabi Ibrahim as
·
Menjelaskan kisah nabi Ibrahim as
dengan raja Namrud
·
Menjelaskan kisah kelahiran nabi
ismail as
·
Menjelaskan kisah nabi ismail as
memugar ka’bah bersama ayahnya Ibrahim
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
singkat
b.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas
individu/ kelompok
Instrument:
Pengamatan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/II (Genap)
Aspek :
AKHLAQ
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
9.
Membiasakan prilaku terpuji
|
9.1
Meneladani prilaku nabi Ibrahim as
9.2 meneladani nabi ismail as
|
Keteladanan nabi Ibrahim as
Keteladanan nabi ismail as
|
Meneladani prilaku nabi Ibrahim
Meneladani prilaku nabi ismail as
|
·
Menceritakan prilaku taatnya nabi
Ibrahim as terhadap orang tua dan terhadap allah swt
·
Menjelaskan kisah nabi Ibrahim as
dalam menghadapi ujian dari allah swt
·
Mengaplikasikan dalam prilaku
sabar dan keteguhan nabi Ibrahim as
·
Menceritakan kisah nabi ismail as
·
Mengaplikasikan daklam prilaku
taat dan sabar nabi ismail as
·
Membiasakan prilaku sabar dan taat
dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
singkat
b.
Lisan/perbuatan
Bermain peran
Bentuk :
Tugas
individu
Instrument:
Pengamatan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester :
IV/II (Genap)
Aspek :
FIQIH/IBADAH
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
10.
Melaksanakan dzikir dan do’a
|
10.1
Melakukan dzikir setelah shalat
Membaca do’a setelah shalat
|
Dzikir setelah shalat
Do’a setelah shalat
|
Melakukan Dzikir setelah shalat
Membaca do’a setelah shalat
|
·
Menjelaskan makna Dzikir
·
Melakukan Dzikir setelah shalat
·
Menghafal Dzikir setelah shalat
·
Memahami arti lafal Dzikir setelah
shalat
·
Mempraktekkan dzikir setiap
selesai shalat
·
Menjelaskan pentingnya do’a
setelah shalat
·
Melafalkan bacaan do’a setelah
shalat
·
Menghafal bacaan do’a setelah
shalat
·
Memahami arti do’a setelah shalat
·
Membiasakan membacaa do’a setelah
shalat
|
Jenis
tes :
a.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
bebas
b.
Lisan/perbuatan/ demonstrasi
Bentuk :
Tugas
individu/ kelompok
Instrument:
Hafalan
|
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Alat shalat
·
Gb orang shalat
·
Kaset VCD
·
Tasbih
|
Nama sekolah :
SDN Kota Bengkulu
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester : V/I
(Ganjil)
Aspek :
Al-Qur’an
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal
pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BAHAN/ALAT
|
11.
Membaca mengartikan qur’an
|
11.1membaca qs
al-fatihah dengan lancer
1.1 membaca qs al-ikhlas dengan lancar
|
Surat al-fatihah
Surat al-iklas
|
Membaca, mengartikan, memahami
dan menyalin surat al-qur’an
Membaca, mengartikan dan menyalin surat al-ikhlas
|
·
Melafalkan kata dan kalimat (surat
al-fatihah dengan kharakat damakhraj yang benar
·
Mengartikan ayat surat al-fatihah
dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat al-fatihah
·
Menerapkan hokum tajwid ( alif lam
dan izhar)
·
Menulis ayat-ayat surat
al-fatihahdengan benar
·
Melafalkan kata dan kalimat dengan
harakat yang benar
·
Mengartikan ayat surat al-ikhlas
dengan tepat dan mengetahui isi poko surat al-iklas
·
Menerapkan hokum tajwid
(Qalqalah dan idgham)
·
Menulis ayat-ayat surat al-iklas
dengan benar
|
Jenis
tes :
c.
Tertulis (pengetahuan)
Bentuk :
Soal ulangan harian.
Instrument :
· Isian
· Uraian
terbatas
d.
Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas
individu dan kelompok
Instrument:
Lembaran
pengamatan
|
17x3 jam=51 jam pel. (1 smt)
|
·
Al-qur’an dan terjemah
·
Buku PAI kelas IV
·
Buku lain yang relevan
·
Kaset/CD
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda