Selasa, 10 Januari 2012

CONTOH SILABUS

SILABUS
Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/I (Ganjil)
Aspek                          : Al-Qur’an
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
1.       Membaca surat-surat al-qur’an
1.1    membaca qs al-fatihah dengan lancer












1.1 membaca qs al-ikhlas dengan lancar
Surat al-fatihah














Surat al-iklas
Membaca, mengartikan, memahami  dan menyalin surat al-qur’an












Membaca, mengartikan dan menyalin surat al-ikhlas
·         Melafalkan kata dan kalimat (surat al-fatihah dengan kharakat damakhraj yang benar
·         Mengartikan ayat surat al-fatihah dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat al-fatihah
·         Menerapkan hokum tajwid ( alif lam dan izhar)
·         Menulis ayat-ayat surat al-fatihahdengan benar



·         Melafalkan kata dan kalimat dengan harakat yang benar
·         Mengartikan ayat surat al-ikhlas dengan tepat dan mengetahui isi poko surat al-iklas
·         Menerapkan hokum tajwid (Qalqalah  dan idgham)
·         Menulis ayat-ayat surat al-iklas dengan benar
Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian terbatas

b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas individu dan kelompok

Instrument:
Lembaran pengamatan
17x3 jam=51 jam pel. (1 smt)
·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Kaset/CD



Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/I (Ganjil)
Aspek                          : Al-Qur’an
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
2.       Mengenal sifat jaiz allah SWT
2.1    Menyebut sifat jaiz bagi Allah SWT












2.2    Mengertikan sifat jaiz bagi Allah SWT

Sifat jaiz bagi Allah SWT













Sifat jaiz bagi Allah SWT

Mengenal dan memahami sifat jaiz bagi allah SWT melalui penjelasan dan diskusi











memahami arti sifat jaiz bagi allah SWT
·         Menjelaskan sifat jaiz bagi allah SWT
·         Membedakan sifat jaiz dan mustahil bagi allah swt
·         Membedakan sifat jaiz dan wajib bagi allah SWT









·         Menjelaskan arti sifat jaiz bagi Allah SWT
·         Menghafal arti sifat jaiz bagi Allah SWT.
·         Menunjukan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT.
Jenis tes :
a. Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian terbatas


b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas individu

Instrument:
Hapalan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan





Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/I (Ganjil)
Aspek                          : Tarikh
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
3.       Mencerikan kisah nabi
3.1    Kisah nabi adam As







3.2 mencerikan kisah kelahiran nabi Muhammad SAW









3.3 menceritakan prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW

Kisah nabi adam As







Kisah kelahiran nabi Muhammad Saw








Kisah prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
Membaca, mengartikan, memahami  dan menyalin surat al-qur’an.






Menceritakan kisah kelahiran nabi Muhammad saw









Menceritakan kisah prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
·         Menjelaskan kisah kejadian nabi adam As
·         Menjelaskan nabi adam as sebagai manusia dan nabi pertama
·         Menyebutkan sifat-sifat yang dimiliki nabi adam as


·         Menjelaskan peristiwa yang terjadi pada masa kelahiran nabi Muhammad SAW
·         Menjelaskan keadaan nabi Muhammad saw waktu lahir
·         Menunjukan nasab/keturunan nabi Muhammad saw

·         Menjelaskan kisah prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
·         Menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki nabi Muhammad saw
·         Menunjukan contoh sikap yang dimiliki nabi Muhammad saw
Jenis tes :
a. Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian terbatas
b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas individu/ kelompok

Instrument:
pengamatan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Peta
·         Kaset/CD





Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/I (Ganjil)
Aspek                          : Tarikh
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
4.       Membiasakan prilaku terpuji
4.1    Meneladani prilaku taubatnya  nabi adam As










4.2 meneladani  prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW

Keteladanan taubatnya  nabi adam As










Keteladanan  prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
Meneladani taubatnya  nabi adam As











Meneladani masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
·         Menjelaskan kehidupan nabi adam As ketika di surga
·         Menjelaskan sebab nabi adam as di keluarkan alla swt dari surga
·         Menyebutkan pengertian taubat
·         Meneladani prilaku taubatnya  nabi adam As



·         Menjelaskan prilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad saw
·         Menyebutkan sifat-sifat nabi Muhammad saw
·         Meneladani sifat rajin, tabah, kesabaran dan kejujuran nabi Muhammad saw
Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian singkat

b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Pembiasaan

Instrument:
pengamatan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Peta





Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/I (Ganjil)
Aspek                          : fiqih
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
5.       Mengenal ketentuan-ketentuan sholat
5.1    Menyebut rukun shalat








5.2 menyebutkan sunnah shalat

Rukun shalat









sunnah shalat

·         Menyebutkan rukun shalat
·         Penjelasan urutan shalat






·         Menyebutkan sunnah shalat
·         Menguraikan perbedaan sunnah fi’li dan sunnah qouli
·         Menjelaskan perbedaan antara rukun shalat dengan sunnah shalat

·         Menjelaskan pengertian rukun shalat
·         Menyebutkan jumlah
·         Menunjukan hal-hal yang termasuk rukun shalat





·         Menyebutkan sunnah shalat
·         Menjelaskan sunnah fi’li dan qouli
·         Membedakan antara rukun dan sunnah shalat
Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian singkat

b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Pembiasaan

Instrument:
pengamatan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Kaset
·         VCD
·         Peralatan shalat
·         gambar





Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/I (Ganjil)
Aspek                          : fiqih
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
5.Mengenal ketentuan-ketentuan sholat
5.3    Menyebut syarat sah dan syarat wajib shalat









5.4 menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat

syarat sah dan syarat wajib shalat









hal-hal yang membatalkan shalat
·         Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
·         Menghafal syarat sah dan syarat wajib shalat
·         Menjelaskan perbedaan syarat sah dan syarat wajib shalat


·         Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
·         Menguraikan tentang batalnya shalat




·         Menjelaskan pengertian syarat sah dan syarat wajib shalat 
·         Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
·         Membedakan syarat sah dan syarat wajib shalat
·         Menghafal syarat sah dan syarat wajib shalat



·         Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
·         Menunjukan contoh shalat yang batal
·         Menjelaskan cara melakukan shalat apabila batal
Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian terbatas

b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas individu/ kelompok

Instrument:
Lembar pengamatan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Kaset
·         VCD
·         Peralatan shalat
·         gambar





Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/II (Genap)
Aspek                          : AL-QUR’AN
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
6.       Membaca surat-surat al-qur’an
6.1    membaca qs al-kautsar dengan lancar












6.2 membaca qs al-anNashr dengan lancar
Surat al- kautsar














Surat an Nashr
Membaca, mengartikan, memahami  dan menyalin surat al-kautsar












Membaca, mengartikan dan menyalin surat an Nashr
·         Melafalkan surat al-kautsar dengan kharakat dan makhraj yang benar
·         Mengahafalkan surat al-kautsar berikut artinya
·         Mengetahui isi kandungan surat al-kautsar
·         Menerapkan hokum tajwid pada bacaan surat al-kautsar
·         Menyalin ayat surat al-kautsar



·         Melafalkan kata dan kalimat dengan harakat yang benar
·         Mengetahui isi pokok surat an Nashr
·         Mengsrtikan ayat surat an Nashr
·         Menerapkan hokum tajwid
·         Menyalin ayat surat an Nashr
Jenis tes :
a. Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian singkat

b.    Lisan/perbuatan
Bermain peran
Bentuk :
Tugas individu

Instrument:
pengamatan
17x3 jam=51 jam pel. (1 smt)
·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Kaset
·         VCD



Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/II (Genap)
Aspek                          : AL-QUR’AN
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
6.Membaca surat-surat al-qur’an
6.3    membaca qs al-ashr  dengan lancar












Surat al-ashr















Membaca, mengartikan, memahami  dan menyalin surat al-ashr













·         Melafalkan surat al-ashr dengan kharakat dan makhraj yang benar
·         Mengahafalkan kata dan kalimat surat al-ashr berikut artinya
·         Mengartikan ayat surat al-ashr
·         Menerapkan hokum tajwid pada bacaan surat al-ashr
·         Menyalin kata dan kalimat surat al-ashr







Nama sekolah                         : SD  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/II (Genap)
Aspek                          : AQIDAH
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
7.       Mengenal malaikat dan tugasnya
7.1    Menjelaskan pengertian malaikat








7.2 menyebutkan nama-nama malaikat






7.3 menyebutkan tuga-tugas malaikat
Iman kepada malaikat









Nama-nama malaikat






Tugas-tugas malaikat
Penjelasan pengertian malaikat









Menyebutkan nama-nama malaikat






Penjelasan tugas-tugas malaikat





·         Menjelaskan pengertian malaikat
·         Menceritakan tentang kejadian malaikat
·         Menyebutkan sifat malaikat
·         Menyebutkan hikmah beriman kepada malaikat



·         Menyebut 10 nama malaikat

·         Menghafal 10 nama malaikat


·         Menjelaskan tugas-tugas malaikat
·         Menjelaskan tugas masing-masing 10 malaikat
·         Menghafal tugas masing-masing malaikat
Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian singkat

b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas individu/ kelompok

Instrument:
Hafalan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan




Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/II (Genap)
Aspek                          : AQIDAH
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
8.       Menceritakan kisah nabi 
8.1    Menceritakan kisah nabi Ibrahim as







8.2 menceritakan kisah nabi ismail as

kisah nabi Ibrahim as









Kisah nabi ismail as
Menceritakan kisah nabi Ibrahim as









Menceritakan kisah nabi ismail as




·         Menjelaskan kisah nabi Ibrahim as
·         Menjelaskan kisah nabi Ibrahim as dengan raja Namrud





·         Menjelaskan kisah kelahiran nabi ismail as
·         Menjelaskan kisah nabi ismail as memugar ka’bah bersama ayahnya Ibrahim

Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian singkat

b.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas individu/ kelompok

Instrument:
Pengamatan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan





Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/II (Genap)
Aspek                          : AKHLAQ
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
9.       Membiasakan prilaku terpuji 
9.1    Meneladani prilaku nabi Ibrahim as










9.2 meneladani nabi ismail as
Keteladanan nabi Ibrahim as











Keteladanan nabi ismail as
Meneladani prilaku nabi Ibrahim











Meneladani prilaku nabi ismail as
·         Menceritakan prilaku taatnya nabi Ibrahim as terhadap orang tua dan terhadap allah swt
·         Menjelaskan kisah nabi Ibrahim as dalam menghadapi ujian dari allah swt
·         Mengaplikasikan dalam prilaku sabar dan keteguhan nabi Ibrahim as


·         Menceritakan kisah nabi ismail as
·         Mengaplikasikan daklam prilaku taat dan sabar nabi ismail as
·         Membiasakan prilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari

Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian singkat

b.    Lisan/perbuatan
Bermain peran
Bentuk :
Tugas individu

Instrument:
Pengamatan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan




Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : IV/II (Genap)
Aspek                          : FIQIH/IBADAH
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
10.    Melaksanakan dzikir dan do’a
10.1   Melakukan dzikir setelah shalat









Membaca do’a setelah shalat

Dzikir setelah shalat









Do’a setelah shalat

Melakukan Dzikir setelah shalat









Membaca do’a setelah shalat




·         Menjelaskan makna Dzikir
·         Melakukan Dzikir setelah shalat
·         Menghafal Dzikir setelah shalat
·         Memahami arti lafal Dzikir setelah shalat
·         Mempraktekkan dzikir setiap selesai shalat


·         Menjelaskan pentingnya do’a setelah shalat
·         Melafalkan bacaan do’a setelah shalat
·         Menghafal bacaan do’a setelah shalat
·         Memahami arti do’a setelah shalat
·         Membiasakan membacaa do’a setelah shalat


Jenis tes :
a.    Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian bebas

b.    Lisan/perbuatan/ demonstrasi
Bentuk :
Tugas individu/ kelompok

Instrument:
Hafalan

·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Alat shalat
·         Gb orang shalat
·         Kaset VCD
·         Tasbih




Nama sekolah                         : SDN  Kota Bengkulu
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester           : V/I (Ganjil)
Aspek                          : Al-Qur’an
Membaca al-qur’an dengan tartil (dilaksanakan pada setiap awal pelajaran pendidikan agama islam selama 6-10 menit)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN/ALAT
11.    Membaca mengartikan qur’an
11.1membaca qs al-fatihah dengan lancer












1.1 membaca qs al-ikhlas dengan lancar
Surat al-fatihah














Surat al-iklas
Membaca, mengartikan, memahami  dan menyalin surat al-qur’an












Membaca, mengartikan dan menyalin surat al-ikhlas
·         Melafalkan kata dan kalimat (surat al-fatihah dengan kharakat damakhraj yang benar
·         Mengartikan ayat surat al-fatihah dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat al-fatihah
·         Menerapkan hokum tajwid ( alif lam dan izhar)
·         Menulis ayat-ayat surat al-fatihahdengan benar



·         Melafalkan kata dan kalimat dengan harakat yang benar
·         Mengartikan ayat surat al-ikhlas dengan tepat dan mengetahui isi poko surat al-iklas
·         Menerapkan hokum tajwid (Qalqalah  dan idgham)
·         Menulis ayat-ayat surat al-iklas dengan benar
Jenis tes :
c.     Tertulis (pengetahuan)

Bentuk :
Soal ulangan harian.

Instrument :
·   Isian
·   Uraian terbatas

d.    Lisan/perbuatan
Bentuk :
Tugas individu dan kelompok

Instrument:
Lembaran pengamatan
17x3 jam=51 jam pel. (1 smt)
·         Al-qur’an dan terjemah
·         Buku PAI kelas IV
·         Buku lain yang relevan
·         Kaset/CD


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda